Tuesday, March 17, 2015

Taman Nasional Komodo

taman nasional komodo
Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980 dengan tujuan untuk melindungi satwa Komodo yang langka. Dikarenakan satu-satunya habitat yang cocok untuk kelangsungan hidup komodo, taman ini dinobatkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Ciri ciri komodo yang terkenal ini membuat Taman Nasional Komodo menjadi sangat unik. Dan keunikan ini tidak hanya menarik wisatawan asing maupung lokal tetapi juga untuk para ilmuwan mempelajari teori evolusi.

Selain menjadi rumah bagi komodo, Taman Nasional Komodo menjadi rumah bagi banyak spesies hewan lainnya seperti unggas-unggasan, tikus endemik, dan rusa Timor. Taman Nasional Komodo juga termasuk salah satu taman yang memiliki habitat laut terkaya di dunia yang meliputi lebih dari 1.000 spesies ikan, 260 spesies terumbu karang, dan 70 spesies anemon laut. Selain itu, ikan duyung, hiu, pari manta, 14 spesies paus, lumba-lumba, dan penyu juga merupakan spesies yang menjadikan Taman Nasional Komodo sebagai rumah bagi mereka.

Taman Nasional Komodo juga merupakan rumah bagi sekitar 3.500 orang yang menetap di empat desa di tiga pulau berbeda. 
  • · Desa Komodo di Pulau Komodo
  • · Kampung Rinca di Pulau Rinca
  • · Desa Kekora di Pulau Rinca
  • · Desa Papagaran di Pulau Papagaran
Sebagian besar masyarakat yang tinggal di Taman Nasional Komodo berprofesi sebagai nelayan. Sementara ada juga yang mendapatkan penghasilan dari ukiran kayu berbentuk komodo untuk kemudian dijual kepada turis lokal maupun asing yang datang mengunjungi Taman Nasional Komodo. Mereka juga biasanya menjual hasil ukiran mereka di Bandara Komodo dan hotel-hotel di Labuan Bajo.


No comments:

Post a Comment