Friday, March 27, 2015

Komodo dan Siklus Hidup Mereka

Komodo
Komodo
Perhitungan terakhir pada tahun 1999 menyebutkan bahwa ada sekitar 1.700 komodo bertahan hidup di Pulau Komodo dan sekitar 2.000 komodo hidup di Pulau Rinca. Komodo terbesar yang pernah diukur memiliki panjang nyaris 3 meter. Sedangkan komodo terberat yang pernah dicatat oleh para peneliti memili berat 54 kg. Musim kawin komodo berada pada rentang bulan Juli-Agustus. 

Komodo betina mampu mengeluarkan rata-rata 20 telur dalam 1 tahap melahirkan yang menetas sembilan bulan kemudian. Komodo kecil menjalani kehidupan mereka dengan sembunyi-sembunyi. Mereka hobi memanjat pohon dan hanya memakan serangga dan tokek. Tapi ketika mereka dewasa, berat badan menjadi satu masalah karena mengurangi kemampuan komodo untuk memanjat pohon. Hal ini menyebabkan pergeseran pola dan menu makan mereka dari serangga beralih pada mamalia kecil seperti tikus atau burung. 

Komodo adalah predator yang cerdik, mereka sekilas terlihat sebagai hewan yang pemalas, namun yang terjadi sesungguhnya bukan demikian. Mereka diam-diam akan menyerang dan melumpuhkan mangsanya dengan memutus urat tendon di kaki sebelum membunuh dengan gigitan ke tenggorokan atau dengan merobek keluar usus dengan kecepatan yang tidak bisa diduga.


No comments:

Post a Comment